Thursday 27 October 2016

Apasih Programmer itu ??



Siapa yang bilang kalau programmer tidak mempunyai masa depan? Banyak yang mengira jika programmer tidak mempunyai masa depan. Tapi justru sebaliknya, ada masa depan yang menjanjikan untuk seorang programmer. Silahkan cek di forbes (www.forbes.com/billionaires/list/) jika tidak percaya. Sudah banyak pebisnis terkaya di dunia yang memiliki latar belakang IT programmer dan memiliki perusahaan yang berbasis teknologi tentunya.
Sebenarnya apasih Programmer itu?
         Programmer adalah orang yang membuat atau menciptakan program komputer, suatu set nyata dari instruksi untuk dilakukan oleh sebuah komputer. Atau juga disebut orang yang membuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan melalui otomatisasi dengan bantuan software.

Gimana sih menjadi seorang Programmer??
Untuk menjadi seorang programmer harus mengusai dasar teknologi informasi, juga harus mengetahui apa dan bagaimana sistem computer tersebut, apakah program dan apa manfaat dibuatnya sebuah program tersebut. Dan juga harus memperlajari bagaimana menggunakan internet karena internet sangat penting sebagai salah satu wahana mencari informasi ketika belajar pemrograman.
Kemampuan yang diperlukan juga tidak perlu terlalu mahir dalam pemrograman, tetapi harus memiliki semangat juang dan obsesi yang tinggi dalam belajar juga menekuni profesi programmer computer itu sendiri, sehingga semua kesulitan belajar tidak akan menjadi penghalang dan tidak akan mudah putus asa, tidak mudah stres dan tidak mudah berhenti belajar pemrograman ditengah jalan apabila mengalami sesuatu masalah yang rumit dalam membuat program.
Karena Seorang Programmer memiliki tugas utama menerima model konseptual dari system analist dan kemudian menjadikanya sebagai sebuah program executable dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Mendesain dan mengembangkan program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk membantu menyelesaikan kegiatan sehari - harinya dengan bantuan komputer.

Peluang usaha yang bisa dapat dilakukan dalam bidang pemrograman komputer adalah :

  • ·         Web programmer, membuat program berbasis web, dapat diakses melalui jaringan internet.
  • ·         Database programmer, membuat program untuk mengelola data di dalam database.
  • ·         Game programmer, membuat dan merancang program game.
  • ·         Application programmer, membuat program untuk keperluan tertentu.
  • ·         Antivirus programmer, membuat program untuk mengatasi virus komputer.
  • ·         Freelance programmer, bekerja untuk dirinya sendiri dan bergerak secara wiraswasta.
  • ·         Programmer perusahaan, bekerja di suatu perusahaan tertentu dengan membuat program untuk menyelesaikan permasalahan di perusahaan tersebut.




No comments:

Post a Comment