Saturday 7 January 2017

Mengenal Definisi Komputer Secara Singkat

Apa itu Komputer ?

Komputer adalah peralatan (device) yang bekerja dibawah kontrol program yang tersimpan, yang secara otomatis menerima, menyimpan, dan memproses data untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan itu.

Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi.

Komputer pertama dihasilkan pada tahun 1940. Sejak itu terjadilah serangkaian  terobosan - terobosan radikal dalam elektronik. Dalam setiap terobosan terjadi perubahan yang mendasar, yaitu bentuk elektronik yang lebih baru dan kemampuannya yang lebih baik. Berdasarkan hal tersebut maka generasi komputer diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Generasi Pertama. Komputer awal yang menggunakan katup (valve) elektronik (sekitar 1940). Contohnya dalah EDSAC, EDVAC, LEO, dan UNIVAC1.
b. Generasi Kedua. Komputer yang lebih reliable (handal), menggunakan transistor (sekitar 1950). Contohnya adalah LEO mark II, ATLAS, dan IBM 7000 series.
c. Generasi ketiga. Komputer yang lebih berdaya guna, reliable, dan compact yang menggunakan sirkuit terpadu (IC) (sekitar 1960). Contohnya adalah ICL 1900series dan IBM 360 series.
d. Generasi keempat. Komputer yang digunakan pada saat ini dan yang berisi perangkat elektronik yang lebih canggih seperti sirkuit terpadu kompleks yang diklasifikasikan sebagai “Large Scale Integration” (LSI) atau“Very Large Scale Integration” (VLSI).
e. Generasi kelima. Komputer dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia dengan bercakap-cakap, meniru perasaan, keterampilan dan intelijensi seperti manusia.

Adapun jenis – jenis dasar pada computer ialah

Jenis dasar komputer dapat dibedakan menjadi :
a.    Digital computer (komputer digital), yaitu jenis komputer yang memproses data yang direpresentasikan dalam bentuk yang berlainan (misalnya 0, 1, 2, 3,…) dengan beroperasi padanya secara bertahap. Nilai-nilai berlainan terjadi pada setiap tahap pada operasi tersebut.
b.  Analog computer (komputer analog) adalah sejenis dengan instrumen pengukur seperti termometer atau voltmeter yang mempunyai pointer (penunjuk) pada dial (lempengan) bundarnya. Komputer jenis ini memproses data dalam bentuk voltase elektrik. Output dari komputer analog seringkali dalam bentuk grafik halus, dimana kita bisa membaca informasi dari grafik tersebut.
c.    Hybrid computer (komputer hybrid), sesuai namanya, maka komputer jenis ini adalah komputer yang mempunyai fasilitas gabungan antara komputer digital dan analog.


Penggunaan komputer diberbagai tujuan

-        Sebagai Word Processor adalah komputer untuk tujuan khusus yang digunakan untuk pembuatan dokumen kantor, surat, kontrak dan lain sebagainya.

-    Sebagai Home Computer (komputer rumah tangga) adalah jenis komputer dengan kemampuan terbatas yang dirancang untuk penggunaan domestik dengan programyang biasanya digunakan untuk game atau pengontrolan keuangan rumah tangga.

-        Sebagai Personal Computer adalah jenis komputer yang dirancang untuk penggunaan independen oleh perorangan ditempat kerja atau dirumah, yang utamanya untuk tujuan bisnis. Pada saat ini dengan sebuah PC  kita bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dengan berbagai macam fasilitas, mulai pengetikan sederhana sampai menikmati film dengan suara yang bagus.

-        Sebagai Workstation adalah gabungan beberapa PC yang membentuk jaringan antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat saling bertukar informasi melalui jaringan tersebut. 


Perbedaan Komputer berdasarkan ukuran dan kemampuannya

-        Mikrokomputer atau yang lebih dikenal sebagai PC adalah jenis komputer yang paling banyak ada pada saat ini. Komputer jenis ini dikembangkan untuk mendukung kemajuan tekhnologi yang ada dengan ukuran yang semakin kecil dan kemampuan yang terus ditingkatkan.

-        Minikomputer adalah jenis komputer yang digunakan untuk aplikasi tertentu yang tidak dapat dijalankan pada sebuah PC, biasanya untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan yang tinggi an memori yang besar.

-    Mainframe adalah jenis komputer yang memiliki kemampuan diatas minicomputer. Komputer jenis ini mempunyai kemampuan yang sangat besar untuk memproses, menyimpan dan menghasilkan informasi.

No comments:

Post a Comment